Implementasi Windows Shopping untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Persamaan Dasar Akuntansi Kelas XII–IIS 2 MAN 1 Pasuruan

Penulis

  • Lilik churianah MAN 1 PASURUAN

Abstrak

Abstrak

Pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher center) hingga saat ini masih dipakai dalam pembelajaran sehingga menyebabkan siswa pasif. Hal ini berdampak pada rendahnya kemampuan penguasaan materi peserta didik. Salah satu solusi yang dapat mengatasi kesulitan dalam pembelajaran adalah model pembelajaran dengan  strategi kooperatif tipe Windows Shopping. Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk menerapkan strategi Windows Shopping pada kelas XII-IIS 2 di MAN 1 Pasuruan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023-2024. Berdasarkan hasil pelaksanaan siklus 1 dan siklus 2, peneliti menyimpulkan, pertama, pelaksanaan strategi Windows Shopping di kelas XII-IIS 2 MAN 1 Pasuruan dapat sepenuhnya (100%) dipraktikkan sesuai dengan acuan atau panduan yang telah dituangkan dalam kajian pustaka. Kedua, penerapan strategi Windows Shopping secara signifikan mampu meningkatkan penguasaan materi konsep persamaan dasar Akuntansi peserta didik kelas XII-IIS 2 MAN 1 Pasuruan baik pada aspek pengetahuan (kognitif) maupun aspek keterampilan (psikomotorik). Pada aspek kognitif terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari siklus 1 ke siklus 2. Hal yang sama juga terjadi pada aspek psikomotorik meskipun tidak terlalu signifikan. Dengan demikian indikator keberhasilan yang kedua dan ketiga di mana rerata nilai kelas XII-IIS 2 pada aspek kognitif dan psikomotorik sebesar >75% terpenuhi dengan baik.

 

Kata Kunci: Dasar Akuntansi, Penguasaan Konsep, Strategi Window Shopping

 

Abstract

Until now, teacher-centered learning is still used in learning, causing students to be passive. This has an impact on students' low ability to master the material. One solution that can overcome difficulties in learning is a learning model with window shopping type cooperative strategies. This research, which was carried out using the Classroom Action Research (PTK) approach, aims to implement a cooperative windows shopping type strategy in class XII-IIS 2 at MAN 1 Pasuruan in the odd semester of the 2023-2024 academic year. Based on the results of the implementation of cycle 1 and cycle 2, the researcher concluded, first, the implementation of the cooperative windows shopping type strategy in class Second, the implementation of the windows shopping type cooperative strategy was able to significantly increase the mastery of basic accounting equation concept material for students in class XII-IIS 2 MAN 1 Pasuruan both in the knowledge (cognitive) and skills (psychomotor) aspects. In the cognitive aspect, there was a very significant increase from cycle 1 to cycle 2. The same thing also happened in the psychomotor aspect, although it was not very significant. Thus, the second and third indicators of success, where the average score for class XII-IIS 2 in cognitive and psychomotor aspects was >75%, were met well.

           Keywords: basic accounting, concept mastery, Window Shopping

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-28

Terbitan

Bagian

Artikel