Aktualisasi Strategi Think Aloud dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Klasik Siswa Kelas X C di MAN 1 Pasuruan

Penulis

  • Iva Wahyuni MAN 1 PASURUAN

Abstrak

Abstrak

Guru Bahasa Indonesia wajib peka terhadap budaya membaca peserta didiknya. Karena kemampuan atau keterampilan membaca peserta didik masih rendah. Mengatasi hal itu penulis menggunakan Strategi think aloud yaitu salah satu strategi dengan tujuan untuk memverbalkan atau membunyikan secara nyaring melalui lisan apa saja yang ada dalam benak atau pikiran dari pembaca saat memahami teks yang dibaca. Oleh karena itu pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini,   bertujuan untuk mengaktualisasikan strategi think aloud pada siswa kelas X C di MAN 1 Pasuruan semester ganjil tahun pelajaran 2023-2024. Rumusan masalah dalam PTK ini 1) bagaimana aktualisai strategi  think aloud untuk meningkatkan keterampilan membaca teks klasik? 2) bagaimana pendeskripsian aktualisasi strategi think aloud dapat meningkatkan keterampilan membaca teks klasik? Dari hasil penelitian tindakan kelas ini penulis menyimpulkan bahwa aktualisasi strategi think aloud pada siswa kelas X C di MAN 1 Pasuruan dapat sepenuhnya dilakukan atau 100% dilakukan. Selain itu aktualisasi strategi think aloud dapat meningkatkan keterampilan membaca khususnya teks klasik siswa kelas X C di MAN 1 Pasuruan baik dari aspek pengetahuan/kognitif maupun aspek keterampilan/psikomotorik. Dengan demikian indikator keberhasilan dengan rerata nilai sebesar >80% dapat terpenuhi. Peneliti memberikan saran bahwa strategi think aloud layak diaktualisasikan dalam pembelajaran mapel bahasa Indonesia, karena kualitas berpikir siswa dalam memahami teks khususnya teks klasik yang sedang dibaca mengalami peningkatan khususnya teks hikayat. Disarankan juga guru harus melakukan modelling sebagai bentuk strategi dalam memberikan panduan pada siswa serta memodifikasi strategi think aloud dengan strategi-strategi yang lain.

 

Kata Kunci: keterampilan membaca, strategi think aloud, teks klasik hikayat

 

Abstract

Teachers must Indonesian be sensitive to the reading culture of their students. Because the ability or reading skills of students are still low. Overcoming this, the author uses the think aloud strategy, which is one strategy with the aim of verbalizing or sounding aloud through oral whatever is in the mind or mind of the reader when understanding the text read. Therefore, in this Classroom Action Research (PTK), it aims to actualize the strategy think aloud strategy for grade X C students in MAN 1 Pasuruan odd semester of the 2023-2024 academic year. The formulation of the problem in this PTK 1) how to actualize the think aloud strategy to improve classical text reading skills? 2) How can the actualization description of the Think Aloud strategy improve classical text reading skills? From the results of this class action research, the author concludes that the actualization of the think aloud strategy in grade X C students at MAN 1 Pasuruan can be fully done or 100% done. In addition, the actualization of the think aloud strategy can improve reading skills, especially classical texts of grade X C students in MAN 1 Pasuruan, both from the knowledge/cognitive aspect and the skill/psychomotor aspect. Thus the success indicator with an average value of >80% can be met. Researchers suggest that the think aloud strategy is worth actualizing in maple Indonesian learning, because of the quality of students' thinking in understanding texts, especially classical texts that are being read, has improved, especially saga texts. It is also recommended that teachers should do modeling as a form of strategy in providing guidance to students and modifying the think aloud strategy with other strategies.

 

Keywords: Reading skills, Think Aloud strategies, classic texts of sagas

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-28

Terbitan

Bagian

Artikel