Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Korik (Kognitif-Psikomotorik) Siswa Materi Sel
Abstrak
Dalam pelaksanaan proses pembelajaran para guru dapat memilih strategi pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. Terkait dengan strategi pembelajaran tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi discoverylearning terhadap peningkatan kompetensi materi Selsiswa kelas XI-B di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan. Tulisan ini merupakan hasil dari laporan PTK yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi kognitif dan psikomotorik dengan menggunakan discovery learning. Dalam pelaksanaan penelitian tersebut ada 2 dua siklus dan masing masing siklusnya ada 4 tahap: 1) menentukan perencanaan tindakan, 2) melaksanakan tindakan, 3) melakukan pengamatan hasil tindakan, 4) melakukan refleksi. Dalam penelitian ini, siswa kelas XI-B tahun pelajaran 2023/2024 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasuruan menjadi subyeknya. Hasil penelitian pra-siklus terhadap siklus I kenaikan aspek kognitif sebesar 41 % sedangkan dari siklus I ke siklus II terdapat kenaikan 5 %. Untuk ranah psikomotorik dari siklus I ke siklus II kenaikannya 10 %. Dari hasil penerapan discoverylearning di siklus I dan siklus II peneliti membuat kesimpulan, bahwa penerapan discovery learning di kelas XI-B MAN 1 Pasuruan dapat diterapkan dan penerapan strategi discovery learning secara nyata berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi peserta didik materi Sel kelas XI-B MAN 1 Pasuruan.
Kata kunci: discovery learning, kompetensi, sel